RSS

opini subsidi BBM

17 May

Subsidi BBM

Anggaran untuk subsidi BBM di Indonesia sangatlah besar nilainya yang diambil dari APBN. Seringkali subsidi BBM ini tidak tepat sasaran karena prosentase yang menggunakan BBM bersubsidi lebih besar digunakan oleh orang-orang yang sudah mampu ekonominya bukan masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang sebenarnya lebih membutuhkan. Penggunaan anggaran untuk subsidi sebesar itu akan lebih baik jika digunakan untuk penggunaan disektor lain seperti pendidikan, kesehatan, atau sektor lainnya agar lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat. Namun menurut saya tidak berarti BBM bersubsidi dihilangkan keberadaannya, karena walau bagaimanapun masyarakat menengah ke bawah tetap ada yang membutuhkan adanya BBM bersubsidi, yang ditekankan yaitu penggunaan dari BBM bersubsidi ini perlu diawasi dengan ketat agar sampai pada masyarakat yang membutuhkan dan tidak hilang ditengah jalan oleh sekelompok oknum sebelum sampai ketangan masyarakat.

Namun pengalihan anggaran dari subsidi ke sektor lain masih menimbulkan permasalahan yang menyangkut kestabilan nasional, seperti kejadian sebelum-sebelumnya yaitu setelah pemerintah menaikkan harga BBM maka diikuti kenaikan harga bahan pokok yang berimbas kenaikan harga secara menyeluruh. Akhirnya pengalihan subsidi seperti tidak ada artinya, malah terlihat mengurangi kesejahteraan masyarakat. Masalah ini terjadi karena masyarakat yang seharusnya menerima keuntungan-keuntungan dari pengalihan subsidi ini tidak merasakannya, lalu masyarakat yang belum terlalu paham akan masalah seperti ini akan menuntut pemerintah untuk mengembalikan subsidi BBM dan akhirnya tidak ada kemajuan atau perbaikan sistem perekonomian sedikitpun.

Maka dari itu perlu pembuatan suatu sistem yang benar-benar membuat pengalihan anggaran dari subsidi BBM ini berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu cara yang dilakukan agar masyarakat merasakan pengalihan subsidi BBM adalah dengan memperbaiki sarana transportasi umum menjadi lebih nyaman dan murah sehingga masyarakat umum tidak keberatan dengan menggunakan transportasi tersebut dan mulai meninggalkan sarana transportasi pribadi, hal ini akan baik mengingat kemacetan merupakan permasalahan yang sangat susah untuk diselesaikan dan dengan sedikitnya penggunaan kendaraan pribadi maka kemacetan akan turun drastis. Dan dengan perbaikan kualitas pada sektor kesehatan dan pendidikan dengan biaya yang murah atau gratis sekalipun khusus untuk masyarakat miskin maka pemerataan perekonomian akan lebih dirasakan lagi manfaatnya.

 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2012 in kenergian

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: