RSS

jika KTM hilang (ITB only)

17 May

Bagi mahasiswa pasti sudah tidak asing dengan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), barang ini sudah menjadi bagian dari mahasiswa itu sendiri dan yang paling penting barang ini multifungsi, misalnya sebagai kartu ATM yang sangat amat penting bagi anak kos, sebagai kartu pengenal saat ujian dan bisa juga buat kartu darurat parkir saat lupa g bawa duit atau lupa STNK (mahasiswa ITB pasti tahu, hehe. .). Lalu bagaimana kalau kartu itu hilang? Pasti pusing tujuh keliling dan inilah yang saya pernah alami beberapa waktu yang lalu. Mau ngurus kemana bingung, katanya syaratnya ribet dll nya banyak lah pokoknya. Daripada bingung mending langsung saja baca urut-urutan pembuatan kartu ATM hilang yang telah saya dapatkan ilmunya dengan susah payah. Ilmu ini baru kompatible dengan kampus ITB (belum pernah dicoba di kampus lain, yang pengin nyoba silahkan saja DWYOR)

1. Minta form pembuatan kartu dari pihak Bank BNI, langsung minta tolong saja sama satpam murah senyum, langsung ditunjukin gimana caranya kok.

2. Minta surat kehilangan ke kantor Satpam bagian depan (dekat ATM), bukan yang di gerbang yaa!!itu mah pos satpam biasa, biasanya sih tanpa biaya administratif. Dulu pernah ketipu kalau surat keterangan harus dari polisi padahal g perlu -_-

3. Isi formulir dan jangan lupa lampirkan foto 3×4 berwarna, 3 buah kalau g salah, fotokopi KSM, buku tabungan, Juga lampirkan surat-surat yang tadi. Jangan lupa back up surat dengan di fotokopi siapa tahu butuh lagi.

4. Dateng ke TU prodi buat minta kartu keterangan masih kuliah, untuk TPB kayaknya ke prodi fakultas bisa. Bawa formulirnya juga siapa tahu di tagih. Disini nantinya minta tanda tangan kaprodi dsb, biasanya sudah diurusin sama pihak TU, so santaiii!

5. Dateng ke Annex minta surat SBPB semacam surat keterangan lunas biaya semester di lantai 2, hati-hati dateng pas jam istirahat.

6. Stelah semua lengkap maka tinggal serahin ke loket 17 untuk di cap dan di check, biasanya agak serem tuh pegawainya apalagi yang tua-tua, tegarkan hatimu.

7. Biasanya surat yang di serahin ke loket 17 selesai 1 hari sampai 2 hari (tergantung luck)

8. Setelah surat beres tinggal bawa ke BNI lagi yang di kampus, kalo yang di tamansari bisa atau g belom dicoba tapi amannya sih yang BNI di kampus aja

9. Pembuatan KTM bisa makan waktu nyampe 2 minggu bahkan bisa sampai 1 bulan, lamaanyooo

10. O ya, untuk pembuatan KTM perlu biaya administrasi sekitar 40ribu dipotong dari saldo, jika saldo Rp 0,00 (seringnya terjadi), maka siap-siap bawa duit ajah.

11. Sip beres dah, tapi daripada KTM nyampe ilang mending dijaga tuh kartu baik-baik (KTM,KSM, kartu perpus)

 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2012 in umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: