RSS

diversifikasi energi Indonesia

17 May

Diversifikasi energi

Saat ini Indonesia mengalami krisis energi berkepanjangan, dan mungkin saja jika ini terjadi hingga bertahun-tahun kemudian tanpa adanya tindakan yang benar krisis akan terus bertambah parah. Karena pertumbuhan kebutuhan energi nasional lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan penyediaan energi itu sendiri. Maka perlu dilakukan tindakan yang tepat, guna membenahi sektor energi ini.

Jenis energi yang bisa didapat di Indonesia tentu saja migas, lalu batubara, panas bumi (geothermal), bio-ethanol, arus/ombak laut, solar cell, angin, air (makro), mikro hidro, nuklir dsb. Migas sendiri bisa diperoleh melalui alternatif selain cara konvensional seperti metode pada CBM yang cukup besar potensinya di Indonesia pada daerah Kalimantan, methane hydrat yang terdapat pada laut dalam dengan jumlah besar namun belum diperhitungkan nilai keekonomisannya.

Diversifikasi energi merupakan usaha untuk menganekaragamkan sumber daya energi yang ada di sekitar kita. Pemberlakuan Diversifikasi energi di Indonesia sangat tepat dilakukan dikarenakan sumber energi yang sangat beraneka ragam jenisnya dan jumlahnya melimpah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri kita sendiri malah mungkin berlebih. Proses pendiversifikasian energi di Indonesia kini sedang ramai digalakkan, contohnya pada awal 2012 saja sudah ramai diperbincangkan tentang pengalihan BBM ke gas yang sebenarnya telah dilakukan cukup lama yaitu dengan mengganti minyak tanah dengan gas pada penggunaan rumah tangga dan industri. Dan kini konversi ini kembali ramai dikarenakan konversi ini tidak saja digunakan di dapur untuk masak atau sebagainya, tetapi digunakan di sarana transportasi sehari-hari dan alm Prof. Widjajono telah memulainya dengan konverter kit di mobilnya. Jika project ini berhasil maka diversifikasi akan selangkah lebih maju dan ketahanan energi lebih dekat tercapai.

Dan jauh kedepan setelah Indonesia telah mandiri energi, kelebihan energi ini bisa kita jual keluar negeri dimana mereka juga membutuhkan energi ini dalam bentuk kerjasama mutual, dan sudah tentu akan menambah pendapatan ekonomi nasional. Jadi opini saya, tidak ada salahnya dengan terus menambah sumber energi yang ada dengan jumlah besar, walaupun terlihat sepertinya Indonesia tidak terlalu membutuhkannya.

 
Leave a comment

Posted by on May 17, 2012 in kenergian

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: